Tidak Selalu Buruk, Ini 8 Dampak Positif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja

- June 07, 2017
Dampak Positif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja-Ada banyak alasan yang cukup masuk akal, hingga membuat sebagian besar orangtua membatasi akses media sosial bagi anak-anak mereka. Bukan hanya bagi anak-anak saja, namun hal ini juga dianggap penting diterapkan bagi anak yang telah berusia remaja, mengingat pada usia ini juga anak masih sangat membutuhkan pengawasan penuh dari orangtua. 

Namun di balik semua alasan tersebut, benarkan media sosial hanya akan membawa dampak buruk saja di dalam perkembangan anak dan remaja? Jika ditilik lebih dalam lagi, sebenarnya pandangan di atas tidaklah selalu benar. Jika diakses dalam batas yang wajar dan sesuai dengan kebutuhannya saja, maka media sosial juga dapat memberikan banyak manfaat positif, termasuk bagi anak-anak dan juga para remaja. 

Tidak Selalu Buruk, Ini 8 Dampak Positif Media Sosial  Bagi Anak dan Remaja

Tidak bisa dipungkiri bahwa di luar sana ada banyak anak dan remaja yang sukses dengan mengandalkan media sosial mereka, beberapa bahkan bisa lebih sukses dari orang dewasa. Hal ini tentu patut untuk dilihat sebagai sebuah dampak baik dan positif dari penggunaan media sosial. 

Simak beberapa dampak positif atas penggunaan media sosial yang terjadi pada anak-anak dan remaja berikut ini:

1. Lebih Mudah Beradaptasi

Lebih Mudah Beradaptasi

Anak yang pemalu, susah berteman, atau bahkan selalu mengurung diri di dalam kamar adalah contoh anak-anak yang kemungkinan kelak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru yang ditemuinya. Hal ini baik? Tentu saja tidak, mengingat pada waktunya nanti, setiap anak akan memasuki lingkungan yang baru di dalam kehidupan mereka (sekolah, lingkungan kerja). 

Kesulitan beradaptasi ini akan menjadi sebuah penghalang bagi anak untuk bisa berkembang dan bersosialisasi dengan lingkungannya, bahkan dalam skala kecil sekalipun. Berbeda halnya ketika anak terbiasa bersosialisasi melalui media sosial, di mana mereka bisa berinteraksi dengan banyak orang dan lebih nyaman dengan semua hal ini. 

Anak akan merasa lebih mudah dan terbiasa dengan orang-orang dan lingkungan lain di luar lingkungan yang ditinggalinya selama ini, sehingga kelak akan lebih mudah baginya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang didatanginya. 

2. Membangun Jaringan Pertemanan Yang Lebih Luas

Membangun Jaringan Pertemanan Yang Lebih Luas

Media sosial juga memungkinkan anak untuk memiliki lebih banyak teman, bahkan dari berbagai wilayah yang terbilang jauh dari tempat tinggalnya. Hal ini akan membuat anak lebih terbiasa berinteraksi dengan banyak orang, bahkan yang memiliki kebudayaan serta cerita berbeda dari yang biasa ditemuinya. 

Tidak terbatas hanya pada lingkungan rumah dan sekolah saja, namun anak akan memiliki kesempatan untuk berteman dengan lebih banyak orang, sehingga jaringan pertemanannya juga bisa luas dan lebih banyak lagi.

3. Lebih Update Pada Berbagai Informasi Terkini

Lebih Update Pada Berbagai Informasi Terkini

Berita dan juga berbagai kabar viral lainnya tentu menjadi hal yang perlu untuk diketahui dengan cepat dan tepat. Hal seperti ini juga bisa didapatkan anak melalui media sosial mereka, sehingga anak lebih cepat dan mudah dalam mendapatkan berbagai informasi terkini.

Mengingat anak dan remaja pada umumnya akan sangat malas menonton berita di televisi atau bahkan untuk sekedar membaca koran. Ada banyak artikel dan juga situs digital yang memuat berita di sosial media, sehingga lebih mudah dan menarik minat anak serta remaja untuk mengetahui bebagai informasi ter-update

4. Mempelajari Banyak Hal Dengan Lebih Mudah dan Cepat

Mempelajari Banyak Hal Dengan Lebih Mudah dan Cepat

Minat anak pada bidang tertentu, akan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, sebab bisa saja kelak ini akan menjadi faktor penting di dalam kesuksesan mereka. Media sosial memuat banyak sekali informasi serta beragam konten unik dan bermanfaat.

Sehingga anak akan lebih mudah dalam menemukan dan mempelajari banyak hal yang mereka butuhkan. Anak bisa mengembangkan minat mereka melalui beragam informasi dan konten-konten tersebut, sehingga kemampuan mereka akan semakin baik ke depannya.

Baca Juga: 6 Media Sosial Populer di Indonesia

5. Menumbuhkan Rasa Empati Yang Positif

Menumbuhkan Rasa Empati Yang Positif

Bukan hanya bersosialisasi saja, namun media sosial juga bisa menjadi wadah yang tepat dalam mengembangkan rasa empati anak. Interaksi dengan teman-temannya di media sosial, bisa berdampak sangat positif dalam menumbuhkan rasa empati ini, di mana anak akan belajar untuk melihat dan ikut serta merasakan berbagai momen / kejadian yang dialami oleh teman-temannya di sana. 

Hal ini akan membuat anak lebih respek dan memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan serta orang-orang yang ada di sekitarnya. Menumbuhkan rasa empati ini tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah, bukan?

6. Memiliki Kesempatan Untuk Memulai Bisnis di Usia Dini

Memiliki Kesempatan Untuk Memulai Bisnis di Usia Dini

Tidak selalu di usia dewasa, kesuksesan juga bisa dicapai di saat usia remaja. Ada banyak anak yang telah membuktikan hal ini, di mana mereka bisa mencapai kesuksesan mereka di usia yang masih sangat muda. Hal ini bahkan bisa dilakukan dengan mengandalkan media sosial yang mereka miliki. 

Dengan sistem digital saat ini, memulai bisnis bukan lagi sebuah perkara yang sulit, bahkan meski usia masih terbilang muda. Bisnis online malalui media sosial cukup banyak dilakukan, sebab bisnis ini terbilang mudah dan simpel, bahkan bagi anak remaja sekalipun. Tidak main-main, beberapa remaja bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari bisnis online yang mereka jalankan. 

7. Memiliki Wawasan Yang Lebih Luas

Memiliki Wawasan Yang Lebih Luas

Ketika seseorag bergaul hanya di lingkungannya yang “sempit” saja, maka pengalaman serta wawasannya juga biasanya akan sempit dan hanya terbatas pada lingkup yang terbatas. Media sosial justru membuat semua menjadi lebih mudah dan luas.

Dimana anak bisa menemukan serta memasuki lingkungan pertemanan yang lebih luas dari sebelumnya. Dengan begitu, anak akan memiliki kesempatan yang banyak dalam menambah wawasan yang baru, bahkan yang belum mereka pahami selama ini. 

8. Membangun Kreatifitas Yang Lebih Maksimal

Membangun Kreatifitas Yang Lebih Maksimal

Dunia internet, termasuk media sosial memang memberikan kesempatan yang sangat luas bagi semua orang untuk berkreatifitas dengan maksimal. Melalui media sosial, anak dapat membangun dan memaksimalkan kreatifitas mereka, bahkan dalam lingkup yang paling luas sekalipun. 

Media sosial juga memungkinkan anak untuk memiliki kesempatan dalam menunjukkan kemampuan dan kreatifitas tersebut kepada khalayak ramai, serta menghasilkan berbagai kreatifitas baru dan berbeda dari yang dulu-dulu. 

Kemampuan mereka akan terasah dengan baik, mengingat media ini memang menyediakan ruang yang luas untuk berkreasi, bahkan dengan berbagai kreasi unik yang belum pernah ada sebelumnya. Bukan hanya ruang saja, namun media sosial juga memberikan kesempataan untuk bertemu serta berinteraksi dengan orang-orang kreatif lainnya.

Pengawasan Yang Baik, Untuk Dampak Positif Yang Juga Baik

Selama bertahun-tahun belakangan ini, media sosial telah menjadi “menu” wajib bagi sebagian besar masyarakat, termasuk anak-anak dan remaja. Pada dasarnya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, selama masih dalam batas-batas yang wajar.

Dengan pengawasan yang baik dari orangtua, sebenarnya media sosial juga dapat memberikan dampak positif yang baik bagi anak-anak dan remaja. Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Media Sosial (Medsos) Penting Untuk Mengembangkan Karir.

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search