10 Alasan Mengapa Media Sosial (Medsos) Penting Untuk Mengembangkan Karir

Sudah bukan hal yang aneh bahwa media sosial kini memegang peranan penting dari peradaban manusia. Bagi sebagian generasi, media sosial bahkan dianggap sesuatu yang tak bisa dipisahkan dalam hidup mereka. Tidak mengherankan mengingat apa yang ditawarkan oleh media sosial jauh melampaui ekspektasi kita tentang teknologi komunikasi. Hampir semua media sosial yang ada saat ini memiliki sebuah prinsip utama yaitu “menghubungkan orang-orang”.

Sederhana memang, tapi lihat saja dampak yang terjadi di masyarakat saat ini. Meski semua itu tentunya tidak pernah lepas dari sisi negatif dan positif yang dimiliki oleh media sosial. Tapi tenang, kita tidak akan memperdebatkan lagi yang mana dari kedua sisi tersebut yang lebih dominan. Justru sebagai manusia yang hidup di era di mana perkembangan teknologi seperti tak mengenal kata “melambat”, kita harus pandai-pandai beradaptasi dan mengambil sikap. 

10 Alasan Mengapa Media Sosial (Medsos) Penting Untuk Mengembangkan Karir
Img via: powerhouseinternetmarketing.com

Dengan harapan supaya segala kemajuan ini bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan. Begitu halnya dengan media sosial. Kita sudah melihat bagaimana media sosial dimanfaatkan untuk bertemu kawan lama, berkenalan dengan orang baru, berbagi informasi, berjualan bahkan berkampanye politik. Namun tahukah anda, ada potensi media sosial yang sangat jarang sekali digali padahal ini penting bagi kemajuan setiap individu yang menggunakannya? Jawabannya adalah: penggunaan media sosial untuk mengembangkan karir.

Media sosial yang kita kenal adalah media sosial yang santai dan penuh senda gurau, apakah bisa digunakan untuk mengembangkan karir profesional? Kami punya 10 alasan kenapa jawaban pertanyaan tersebut adalah “YA”!

1. Media Sosial Menyediakan Peluang Jejaring Yang Tak Terbatas

Sederhananya begini: anda bertemu dengan seorang teman di media sosial, yang ternyata juga berteman dengan teman semasa anda sekolah. Pada akhirnya mungkin anda akan reuni kembali dengan teman sekolah anda. Atau bisa jadi justru anda bertiga saling bertemu dan merencanakan sebuah agenda. 

Nah hubungan seperti itu dan hubungan-hubungan lainnya sangatlah mungkin terjadi dengan bantuan sosial media. Hubungan menyerupai jaring ini sebenarnya membuka ruang lebar bagi siapapun yang ingin merintis atau mengembangkan karir profesionalnya. Suatu hari anda bisa saja berkenalan dengan seseorang dari perusahaan yang sedang mencari orang dengan skill seperti yang anda miliki saat ini. 

Atau seandainya yang terjadi seperti ilustrasi di atas, 3 orang kawan dipertemukan dan mereka bertiga kemudian membahas rencana bisnis. Siapa yang tahu? Yang jelas peluangnya sangat terbuka lebar di media sosial. Karena anda bisa menjangkau seseorang yang tinggal di pulau seberang dengan mudahnya lewat media sosial.


2. Inspirasi Langsung Dari Sosok/Pelakunya

Pernah mendengar istilah influencer? Influencer adalah sebutan untuk orang yang berpengaruh di media sosial. influencer adalah orang-orang yang ahli di bidangnya mulai dari praktisi, cendekiawan, kalangan akademisi, public figure atau kritikus. Dikatakan berpengaruh karena apapun yang dia lontarkan mampu mempengaruhi pemikiran orang banyak. 

Biasanya Karena kemampuan itu lah banyak perusahaan yang menggunakan jasa para influencer ini untuk mempromosikan produknya (buzzer). Para influencer ini biasanya gemar sekali berbagi ilmu bahkan inspirasi di halaman media sosialnya. Karena mereka menganggap media sosial adalah tempat terbaik mempromosikan skill atau kegiatan yang sedang mereka jalani. 

Anda tinggal mencari sosok yang kira-kira sesuai dengan bidang karir yang anda minati. Kemudian follow halaman media sosialnya, dan voila! Ilmu gratis akan mengalir pada anda setiap hari. Kapan lagi kan belajar langsung dari ahlinya? Beberapa diantara influencer itu bahkan sengaja membuka kelas-kelas online di media sosial. 

3. Gudangnya Informasi Terbaru Dan Terpopuler

Masih berhubungan dengan informasi. Media sosial juga merupakan ruang di mana arus informasi mengalir deras silih berganti tanpa henti. Kamu bisa mendapatkan isu teraktual serta tren terkini di media sosial. Manfaatkan hal ini untuk selalu up to date serta responsif dengan perkembangan zaman. 

Jadi tidak ada alasan anda gagal dalam karir karena tidak memahami perkembangan terbaru. Yang lebih asik lagi, anda kadang tidak perlu mencari. Informasi tersebut bisa hadir dengan sendirinya di beranda media sosial kita. Dengan catatan anda harus pintar memilih dan memiliah mana informasi yang layak untuk dikonsumsi bahkan dibagikan. 

4. Banyak Perusahaan Mulai Aktif Di Media Sosial

Tren teknologi informasi yang pesat ini kemudian direspon oleh para pemilik usaha dengan meningkatkan digital presence (kehadiran di dunia digital) salah satunya dengan aktif di media sosial. Perusahaan-perusahaan ini biasanya memiliki beberapa alasan utama antara lain: ingin mendekatkan diri kepada para klien/customer; dan ingin lebih dikenal oleh masyarakat.

Keuntungannya, anda sebagai pencari kerja bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai jenis perusahaan hanya dengan melihat halaman media sosialnya. Dari informasi tersebut anda bisa melakukan filtering profil perusahaan mana yang paling tepat untuk anda. Anda juga bahkan bisa mempelajari strategi perusahaan lain, untuk kemudian dilakukan langkah preventif menanggulanginya.

5. Beberapa Media Sosial Menyediakan Informasi Lapangan Kerja

Media sosial seperti linkedin yang memang menyediakan informasi lapangan kerja serta fitur-fitur yang memungkinkan perusahaan menemukanmu dan merekrutmu sebagai karyawannya. Bahkan media sosial seperti facebook dan twitter memiliki akun-akun yang kerap berbagi informasi lapangan kerja. Bahkan LINE punya akun khusus bernama LINE JOBS untuk berbagi info lapangan kerja yang cocok untuk anda.

6. Profil Media Sosial mu Adalah Gambaran Dirimu

Istilah kerennya adalah personal branding. Bagi orang atau perusahaan yang belum mengenal dirimu sebelumnya cara termudah adalah melihat profil media sosialmu. Anda mungkin bisa bilang bahwa media sosial hanya ajang main-main. 

Tapi tidak demikian dengan perusahaan. Kenapa? Karena sebenarnya media sosial adalah gambaran diri anda di dunia maya. Ribuan lamaran ditolak hanya karena perusahaan menemukan konten “tidak pantas” di profil media sosial anda. Sebelum semuanya terlambat kami sarankan anda segera merombak tampilan dan konten media sosial anda menjadi lebih terlihat profesional. 

Ribuan lamaran ditolak hanya karena perusahaan menemukan konten “tidak pantas” di profil media sosial anda. Mulailah menampilkan foto-foto yang pantas, bagikan konten-konten yang bermanfaat dan bahkan jika anda mampu mulailah mempromosikan skill anda lewat media sosial.

7. Media Sosial Adalah Tempat Terbaik Memajang Portfolio Anda

Ini masih berkaitan dengan poin 6. Setelah anda merombak profil media sosial, ada baiknya anda mulai mempromosikan skill yang anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan membuat portfolio. Kenapa harus membuat portfolio di media sosial? Karena ini adalah platform yang paling mudah diakses. Dan yang lebih asik, orang-orang yang berhubungan dengan anda bisa melihat portfolio itu tanpa anda harus meminta mereka untuk membuka situs tertentu. 

Perbanyak dan perbaiki terus portfolio anda dan bukan tak mungkin perusahaan akan segera menghubungi untuk merekrut anda. Media sosial yang cocok untuk membangun portfolio adalah facebook, instagram serta youtube (jika anda seorang videographer). Baca Juga: Tips Promosi Menggunakan Fanspage Facebook Agar Orang Lebih Banyak Dijangkau.

8. Media Untuk Mengembangkan Skill Profesionalmu

Kombinasikan peluang jejaring, ilmu dari influencer, informasi dan tren terbaru kemudian praktekkan dalam setiap portfolio anda. Hasilnya? Sudah pasti sebuah karya yang bernilai. Anda perlu terus mengasah kemampuan ini hingga anda mencapai target-target penguasaan untuk skill tertentu. Kamu juga bisa coba mengikuti kursus-kursus online yang biasanya dibuka oleh para ahli lewat halaman media sosial mereka.

9. Peluang Baik Memulai Entrepreneurship

Sudah bukan rahasia kalau media sosial adalah salah satu tempat yang tepat memulai wirausaha. Bisnis jual beli online biasanya paling digemari orang karena mudah untuk memulainya, gratis (tidak perlu membuat web sendiri) serta pangsa pasar yang amat luas. 

Tapi apakah itu saja peluang wirausaha di media sosial? Banyak hal yang bisa anda kembangkan misalnya dengan menawarkan jasa sesuai dengan skill yang anda miliki, atau jika berminat anda bisa menjadi seorang buzzer dengan mempromosikan produk orang lain lewat sosial media.

10. Semakin Banyak Peluang Karir Yang Berhubungan Dengan Media Sosial

Banyak perusahaan yang tidak sekedar aktif di media sosial namun juga menggarap potensi yang ada di dalamnya dengan serius. Maka dari itu, bermunculan banyak peluang karir yang berhubungan dengan media sosial. Mulai dari social media strategist, content writer, copywriter, online marketing yang berhubungan langsung dalam manajemen media sosial perusahaan. Atau karir lainnya yang lebih santai seperti buzzer, reviewer, vlogger dan sebagainya.

Yang belum pernah dilakukan bukan berarti mustahil, yang jarang dilakukan bukan berarti tidak laku. Ingatlah bahwa kita saat ini menghadapi tantangan persaingan global. Siapkah anda menghadapi tantangan teknologi dan globalisasi sekaligus, jika hanya bermodal status-status galau atau gambar-gambar minim manfaat? Jika jawabannya tidak, maka segera ubah pola ber-media sosial anda.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!