Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Pegawai

Sebagaian orang menjadi pegawai bukanlah merupakan cita-cita tapi hanya untuk mendapatkan status sosial saja, tapi ada juga itu merupakan cita-cita yang sudah di idamkan dengan karir yang bagus dengan menjadi seorang pegawai alangkah bagusnya lagi menjadi pegawai sambil mengembangkan bisnis yang berjalan dengan beriringan. Namun kenyataannya tidak sedikit dari mereka yang menemui kegagalan demi kegagalan yang di alami, bahkan harus mengorbankan kedua hal yang telah dirintis dengan susah payah.

Bagi sebagaian orang, menjalankan pekerjaan sebagai pegawai sekaligus mempunyai bisnis sampingan merupakan pilihan yang tepat karena akan saling mendukung jika berjalan lancar. meskipun begitu, menjalankan kedua hal tersebut secara bersamaan bukanlah hal yang mudah tapi bukan juga sesuatu yang mustahil untuk di jalankan.

Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Pegawai

Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Pegawai

Bisa anda lihat tidak sedikit seorang pengusaha besar yang dulunya juga berprofesi sebagai pegawai terlebih dahulu. Baru setelah bisnisnya mampu menopang seluruh kebutuhan, ia secara penuh beralih dan keluar dari tempatnya bekerja. Dan bagi anda yang mungkin senasib dan sedang menjalani posisi seperti itu, berikut terdapat beberapa tips untuk membangun bisnis sambil tetap bekerja sebagai pegawai. Simak tahap demi tahapnya dan semoga bisa bermanfaat untuk anda jalankan.

1. Alasan Membangun Bisnis

Sebagai Langkah awal untuk membangun sebuah bisnis, tujuan atau alasan mengapa anda terjun ke dunia bisnis tentu sangat penting. Karena Alasan tersebut merupakan faktor pendukung untuk anda tetap semangat membangun bisnis, mungkin setiap orang mempunyai alasan berbeda mulai dari Mengejar mimpi memiliki sebuah bisnis sendiri yang belum sempat terwujud, agar bisa mengatur waktu sendiri, mengembangkan kreativitas hingga lebih dekat dengan keluarga, beberapa hal tersebut merupakan tujuan yang bisa menjadi motivasi anda sebelum membangun sebuah bisnis ketika masih berprofesi sebagai seorang pegawai seperti yang saat ini anda jalani.



2. Komitmen Terhadap Yang Anda Bangun

Setelah anda memiliki tujuan yang merupakan dasar atau langkah awal dalam membangun bisnis, anda juga harus berusaha untuk terus menjaga komitmen terhadap apa yang anda bangun, karena itu akan memperkuat langkah agar tidak goyah nantinya jika di tengah jalan menghadapi hambatan. Menjalankan dua hal secara bersamaan sebagai seorang pegawai dan membangun bisnis tentunya akan memberikan banyak tantangan dan cobaan yang akan anda hadapi. Jika anda tidak bisa komitmen, maka bukan tidak mustahil semangat anda akan kendur ditengah jalan sebelum bisnis Anda berkembang sesuai dengan yang di inginkan.

3. Buatlah Sebuah Target yang Jelas

Jika anda masih berprofesi sebagai seorang pegawai, konsentrasi tentu akan terpecah dengan persiapan membangun sebuah bisnis. Oleh sebab itu agar tidak terlalu menyita pikiran, anda harus membuat target yang jelas tentang pencapaian Apa saja yang harus anda capai tahap demi tahap. Target tersebut bisa dibuat dalam hitungan minggu, bulan atau tahun berdasarkan perkembangan bisnis yang anda bangun. Buatlah pencapaian tersebut sedetail mungkin sehingga anda bisa mengikutinya dan tidak keluar dari jalur bisnis yang sudah anda tetapkan sebelumnya.

4. Berteman Dengan Pembisnis Sukses

Dalam membangun sebuah bisnis yang masih pemula, tentunya anda perlu belajar dari orang yang sudah lebih dulu sukses atau menimba ilmu dari orang lain yang sudah lama terjun dalam bidang tersebut. Di sela waktu menjadi seorang pegawai, kita bisa berkumpul dengan orang-orang yang sudah lama menjalankan bisnis tersebut terlebih dahulu. pertemanan tersebut tidak harus kaku atau terkonsep, bisa sambil santai di warung sambil ngopi sudah cukup untuk bisa saling sharing dan membangun ide untuk mengembangkan bisnis Anda.

5. Terus Belajar dan Perbanyak Ilmu

Tentu ini harus anda lakukan, membangun bisnis tanpa belajar dan tidak memiliki ilmunya tentu hal yang mustahil untuk bisa menjadi berhasil. Sama seperti anda sedang mempelajari suatu ilmu, ketika ingin menekuni sebuah bisnis anda juga wajib memperbanyak ilmu yang anda miliki terkait tentang seluk-beluk dan juga hal-hal yang akan mempengaruhianda dalam membangun bisnis tersebut. Beruntung saat ini sudah banyak sumber yang bisa kita jadikan acuan, mulai dari internet, komunitas bisnis, forum dan banyak lainnya. carilah sebanyak mungkin referensi ilmu dari banyak sumber. Hala tersebut nantinya akan memudahkan anda dalam membangun bisnis kedepannya.

6. Selalu Berpikiran Positif

Berfikiran positif ini sepertinya mudah tapi jika anda belum membiasakan diri tentu hal tersebut akan susah untuk di terapkan. Apa lagi mempunyai pikiran positif ketika anda membagi fokus dan energi kepada dua hal yang berbeda tentu tidak mudah untuk dilakukan. Namun hal tersebut bisa dilakukan, salah satunya dengan memaksimalkan kondisi menyenangkan di tempat kerja.

Jika anda sebagai seorang pegawai, anda harus tetap bisa memaksimalkan potensi di tempat kerja. Coba lebih banyak berkomunikasi dengan rekan kerja, sharing tentang hal-hal yang bisa membuat anda rileks, serta bisa juga anda mau bicarakan tentang konsep bisnis yang ingin Anda jalankan kepada rekan kerja. Secara tidak langsung kebiasaan tersebut bisa menimbulkan fikiran positif yang nantinya tentu bermanfaat bagi anda saat membangun sebuah bisnis.





Dengan melakukan beberapa tips yang di uraikan di atas, Secara perlahan akan melatih mental dan fisik anda dan akan terasa siap menjalankan beragam kewajiban sebagai seorang pegawai maupun sebagai pelaku bisnis. Setelah semua di jalankan secara beriringan anda akan mendapat hasil akhir seperti yang anda inginkan, jika semua telah berjalan dengan baik.


Langkah akhirnya anda bisa melihat perkembangan bisnis yang anda bangun dengan tetap bekerja menjadi seorang pegawai. Jika dinilai bisnis anda bisa berjalan baik seperti yang anda harapkan maka anda bisa mulai melangkah lebih lanjut dengan fokus menggarap bisnis atau anda juga menjalankan keduanya secara bersamaan tentu dengan resiko waktu anda akan banyak tersita.

0 comments

Post a Comment

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!