Teknik SEO dan Cara Mendatangkan Traffic Blog

Teknik/cara Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada Blog mungkin sudah banyak diketahui banyak orang, para Blogger khususnya. Meskipun sudah banyak yang tahu, namun sedikit yang berhasil untuk mendatangkan Traffic ke blog, bukan karena ilmu seo yang mereka pelajari salah, melainkan karena mereka tidak sungguh-sungguh dalam mengimplementasikan ilmu atau pengetahuan tentang SEO yang sudah mereka pelajari.

Seperti yang kita semua ketahui Kunci dari SEO itu sendiri sebenarnya hanya ada dua, yaitu SEO Off-Page dan SEO On-Page.Artikel terkait: Apa itu Seo dan Manfaat Seo untuk blogSedikit penjelasan mengenai kedua teknik seo diatas, sesuai namanya Off-Page yang berarti Luar Halaman maka SEO Off-Page bisa Anda artikan sebagai pengoptimalan blog di 'mata' mesin pencari melalui luar blog. Sebaliknya SEO On-Page adalah pengoptimalan dari dalam blog.

 Teknik SEO dan Cara Mendatangkan Traffic Blog

SEO Off-Page dan On-Page keduanya sangat penting, ibarat ratu dan raja yang harus saling melengkapi.

Namun jika Anda meminta saya untuk memilih mana yang harus lebih ditekankan antara Off-Page dan On-Page tentu saja saya akan menjawab dan memilih Off-Page. Hal tersebut karena Google selaku mesin pencari terbesar di muka bumi ini, menempatkan Backlink di urutan pertama sebagai faktor yang paling mempengaruhi ranking atau posisi di SERP (Search Engine Result Page).

Tujuan utama seseorang men-SEO-kan Blog atau Website tentunya agar bisa bersaing di Google dan ujung-ujungnya tentu saja untuk mendatangkan Traffic atau kunjung ke Blog / Website tersebut. Untuk itu disini saya akan membagikan 2 Tips SEO Dasar yang bisa Anda coba, agar nantinya blog Anda mendapatkan traffic melimpah dari Google.

Perlu dicatat bahwa Tips dan Trik SEO yang akan saya bagikan ini adalah Dasar-nya saja, jadi bisa dibilang ini khusus untuk Pemula, dan untuk para Masta sebaiknya jangan diteruskan membaca. Saya takut Anda sakit mata ketika membacanya.

Dua Cara Meningkatkan SEO Blog

Berikut adalah penjelesan mengenai Cara Meningkatkan On Page SEO maupun Off Page SEO. SEO On Page atau On Page SEO (dibolak balik sama saja, ini sengaja saya lakukan biar tidak gosong) pada dasarnya (seperti yang saya jelaskan diatas) merupakan sebuah teknik yang dilakukan oleh para Praktisi SEO untuk mengoptimalkan skor SEO dengan cara mengotak-atik Blog mereka dari dalam.

Elemen On Page SEO sendiri meliputi :
  • Title Tags
  • Heading Tags
  • Alt Image Tags
  • Meta Tags
  • Keywords
  • Urls
  • Link Building
  • Social Media
  • Social Bookmarking
  • Directory Submission
Sepertinya tidak afdol jika tidak saya jelaskan satu per satu dari Ke Enam Elemen On Page SEO diatas.

Title Tags
Dari namanya saya yakin Anda sudah bisa menebak apa maksudnya. Dan Title yang bagus (dalam hal seo) tentu harus berada di kisaran 10-70 karakter, dan jika lebih atau kurang dari itu (katanya) tidak baik untuk SEO karena jika terlalu panjang (very long tail keyword) akan dianggap sebagai Stuffing Keyword atau sederhananya Google menganggap kita 'rakus' dalam menembak kata kunci. Jadi usahakan menulis Title Tag yang sewajarnya saja.

Bicara tentang Title atau Judul, mungkin Anda tertarik membaca Pengaruh Dari Ganti Judul Artikel Blog

Heading Tags
Heading Tags terdiri dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Setiap Heading (H1 - H6) mempunyai fungsi tertentu, sebagai contoh H1 digunakan untuk menuliskan Judul hal tersebut untuk menekankan atau memberitahukan kepada Mesin Pencari (Google).

Butuh penjelasan lebih dalam tentang H1 dan kawan-kawanya ? silahkan Anda baca Apa Fungsi H1 H2 H3 H4 H5 H6

Alt Image Tags
Mengisi alt pada sebuah gambar bisa dibilang hukumnya adalah Wajib jika kita melihat dari kacamata SEO. Hal tersebut bukan tanpa alasan ya, mengingat alt tags lah yang akan membantu Search Engine dalam mengindex gambar tersebut. Alt Image Tags juga dipercaya sebagai syarat agar gambar tersebut bisa diindex dan dicari di Google dengan kata kunci tertentu.

Untuk lebih jelasnya mengenai Alt Image Tags Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Alt Image Tags disini Tips Mengoptimalkan SEO Untuk File Gambar

Meta Tags
Meta Tags ini seringkali menjadi kontroversi, ada sesepuh SEO yang mengatakan 'Google Tidak lagi menggunakan Meta Tags untuk merangking situs, catat itu'. Adanya benarnya juga apa yang dikatakan sesepuh ini, tapi sesepuh lain ada yang tak mau kalah dan membatahnya dengan yakin 'Meta Tags memang tidak ada kaitannya dengan SEO namun ada faktor lain yang membuat Meta Tags penting yaitu Deskripsi untuk menarik pengunjung agar mengklik blog kita'. Kedua argumen tersebut hebat dan berbobot saya sendiri sampai bingung, hehe.

Jika ingin tau lebih tentang Meta Tags, silahkan baca Meta Tag Blog Yang Penting Untuk SEO

Keywords
Keywords atau kata kunci. Sesuai namanya keywords ini adalah hal Elemen On Page yang harus ada, bisa dibilang yang terpenting, mutlak harus ada dan tidak bisa ditawar lagi. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa si Matt Cutts pernah membahas yang namanya Keyword Density (kepadatan kata kunci) yang jika saya artikan kurang lebih seingat saya seperti ini 'kata kunci sesungguhnya tidak usah diulang ulang, cukup katakan satu kali saja lalu jelaskan intinya'.

Jelas pakai banget, bahwa yang dimaksud URL disini adalah URL Postingan atau URL Utama Blog Anda. Jadi intinya ketika ingin menentukan nama blog usahakan untuk menyertakan kata kunci yang sedang Anda tembak. Dengan harapan ketika google merayapi situs maka (google bot) akan menempatkan atau mengklasifikasikan Blog dengan blog - blog seo lainnya. 

Selanjutnya kita akan membahas Off Page SEO, jika tidak kuat membaca lagi Anda boleh berhenti membaca sampai disini. Tapi jangan salahkan saya jika nantinya Anda tergeser oleh blog teman-teman Anda yang sudah menerapkan Teknik SEO Off Page dibawah ini.

Selain mengoptimalkan On Page Blog dan Web, yang tak kalah penting lainnya adalah meningkatkan SEO Blog & Web dari luar (Off Page). Off Page ini adalah teknik yang tidak boleh Anda lewatkan alias sangat penting sekali (entah sudah berapa kali saya mengatakan ini).

Off Page SEO terdiri dari :
Demi Anda saya jelaskan satu per satu dari keempat elemen Off Page SEO diatas.

Link Building
Link Building juga sering disebut dengan Backlink, namun dengan konteks yang lebih luas, jika Backlink hanya fokus pada mencari Link yang mengarah ke blog kita, namun Link Building sebaiknya, yaitu lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas.

Social Media
Social Media (Jejaring Sosial) juga sering disebut sebagai Social Signal, artinya semakin populer situs tersebut di Social Media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus, maka peluang untuk menempati ranking 1 di google juga akan semakin besar.

Social signal sendiri tidak serta merta berpatokan dari ketiga jejaring sosial yang sebutkan diatas, melainkan juga dari Path misalnya. Tertarik mengetahui jejaring sosial apa saja yang populer di Indonesia.

Baca Juga: 6 Media Sosial Populer di Indonesia

Social Bookmarking
Apakah sama dengan social media ?' bisa dibilang serupa tapi tidak sama. Contoh mudah social bookmarking ini seperti Delicious, Slashdot dan Scoop.it.

Directory Submission
Yang terakhir dan yang paling penting adalah Directory Submission. Kalau diartikan apa ya, saya sendiri juga bingung karena jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya Penaklukan Direktori.

Tapi intinya, yang dimaksud dengan Directory Submission dalam SEO adalah mensubmit situs kita ke directory terkenal seperti Dmoz.org dan Technorati.com

Caranya mudah saja, cukup kunjungi kedua situs tersebut, lalu tinggal Anda submit dan isi data yang diperlukan seperti Alamat Blog, Judul Blog, RSS Feed Blog dan lain-lain.

Cukup sampai disini sharing tentang Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web, semoga apa yang di tulis ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda yang ingin mendatangkan pengunjung dari Google dengan SEO.

4 komentar:

  1. bermanfaat sekali informatik artikelnya
    tentu nya artikel yang kita tulis berada di page google apalagi paling atas
    itu keinginan blogg kita

    BalasHapus

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!